Gangguan Kecemasan


Gangguan cemas diartikan sebagai perasaan khawatir yang tidak nyata, tidak masuk akal, tidak cocok, yang berlangsung terus (intens) atas dasar prinsip yang terjadi (manifes) dan nyata (dirasakan). Biasanya ditandai dengan : rasa ketakutan yang difuse, tidak menyenangkan, tidak jelas, seringkali disertai gejala otonom. Menurut Davidson & neale kecemasan ditandai dengan munculnya perasaan takut, kehati-hatian atau kewaspadaan yang tidak jelas dan tidak menyenangkan.

Respon fisik dari gangguan kecemasan yaitu :
  • 1. Perut seakan diikat
  • 2. Jantung berdebar lebih keras
  • 3. Berkeringat
  • 4. Nafas tersengal

Berbagai Jenis Gangguan Cemas
1. Fobia
Fobia adalah penolakan berdasar ketakutan terhadap benda atau situasi yang dihadapi, yang sebetulnya tidak berbahaya dan penderita mengakui bahwa ketakutan itu tidak ada dasarnya.

2. Gangguan Panik
Gangguan panic memiliki karakteristik terjadinya serangan panic (panic attack) yang spontan dan tidak terduga. Serangan panic adalah kecemasan atau ketakutan yang sangat intens dalam waktu yang relative singkat (biasanya kurang dari 1 jam), dan disertai symptom somatic seperti keringat dingin.

3. Gangguan Kecemasan Menyeluruhmum (GAD)
GAD diartikan sebagai kekhawatiran yang berlebihan, yang berlangsung paling sedikit 6 bulan mengenai beberapa kondisi kehidupan.

4. Gangguan Obsesif Kompulsif
Berupa pikiran yang terus berulang tanpa bisa dikendalikan (obsesif) dan tindakan berulang yang tidak bisa dikendalikan untuk menjalankan pikiran obsesif (kompulsif).

5. Gangguan Stress pasca Trauma
Gangguan stress pasca trauma terjadi akibat traumatic atau bencana yang tingkatnya sangat buruk.

By Fierman_gaul

0 komentar: